Arti apa itu feedback adalah istilah dalam ilmu komunikasi. Di dunia kerja, feedback adalah komponen penting dalam proses kinerja dan pengembangan diri.
Apa itu feedback? Umumnya orang memahami feedback sebagai sebuah reaksi, respon atau pesan yang disampaikan atas segala sesuatu yang ditemui. Feedback sendiri bisa dilakukan dalam bentuk gerak tubuh serta isyarat, juga dalam bentuk verbal berupa ucapan atau perkataan.
Mengapa penting dalam dunia kerja? Menurut sebuah penelitian memberikan hasil bahwa sekitar 85% karyawan akan mempunyai inisiatif tinggi jika mereka secara rutin menerima feedback dari tempatnya bekerja.
Pengertian Apa Itu Feedback
Pengertian feedback adalah sebuah tanggapan, reaksi atau respon pada seseorang tentang beragam aspek misalnya tentang kinerja, hasil yang diperoleh hingga pada proses yang sudah dilakukannya.
Hingga saat ini bentuk feedback lebih beragam dari mulai bentuk penilaian, testimoni, komentar hingga ulasan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis.
Jenis Feedback
Dalam ilmu komunikasi, jenis feedback terdiri dari beberapa jenis diantaranya adalah:
- Feedback positif
Apa itu feedback positif, adalah sebuah reaksi atau tanggapan yang diberikan oleh seseorang (penerima feedback) yang menunjukkan dirinya paham dan ingin bekerja sama dengan pemberi feedback mengenai suatu hal tertentu.
- Feedback negatif
Yaitu sebuah tanggapan atau respon yang diberikan oleh penerima feedback dalam bentuk ungkapan tidak mendukung atau tidak menyukai apa saja yang disampaikan oleh pemberi feedback.
- Feedback netral
Jenis tanggapan atau respon yang tak bisa dipahami sebagai feedback positif atau negatif karena penerima feedback tak memberikan respon apa pun alias diam.
- Feedback internal
Sebuah respon atau tanggapan yang berasal dari diri pemberi feedback yang kemudian akan diperbaiki responnya dengan berbagai alasan tersendiri.
- Feedback eksternal
Sebuah respon atau tanggapan yang diterima dari pihak pemberi feedback saat memberikan feedback dalam bentuk ekspresi seperti perilaku, suara, berbagai gerakan khusus, raut wajah dan lain sebagainya.
- Feedback verbal
Adalah sebuah tanggapan atau respon yang diberikan oleh para penerima feedback dalam bentuk perkataan atau ucapan misalnya tanggapan, komentar, interupsi hingga pertanyaan yang dilakukan ketika pemberi feedback sedang menyampaikan sebuah pesan.
- Feedback non-verbal
Merupakan suatu respon atau tanggapan yang diberikan dalam bentuk isyarat, ekspresi wajah, tulisan, gerakan tubuh, sandi, kode dan lain sebagainya.
- Feedback zero
Jenis tanggapan atau respon yang tak sesuai dengan pesan yang disampaikan oleh pemberi feedback.
Fungsi Feedback
Secara umum feedback memiliki kegunaan atau fungsi untuk memberikan bantuan agar penerima feedback bisa memahami informasi atau pesan yang disampaikan oleh pemberi feedback. Fungsi dari pemberian feedback adalah sebagai berikut:
- Pertahankan kualitas
Feedback ini akan dilakukan pada saat pembeli atau konsumen memberikan respon atau testimoni positif dalam bentuk kepuasan dan pujian pada produk atau layanan yang sudah mereka gunakan. Dengan begitu feedback tersebut akan bisa membantu pemilik bisnis untuk mempertahankan kualitas yang dimiliki produk atau layanan jasa dalam bisnisnya.
- Menguatkan hubungan
Feedback juga berfungsi untuk membantu memperkuat dan menjaga hubungan yang terjalin antar individu dan kelompok. Contohnya adalah saat pemberi feedback menceritakan tentang sesuatu hal yang menurutnya menarik dan lucu, namun penerima feedback ternyata tak memberikan respon atau tanggapan apa pun pada ceritanya. Hal tersebut akan menjadikan pemberi feedback merasa diabaikan sehingga menjadikan hubungan mereka pun merenggang.
- Mendorong adanya perubahan
Fungsi feedback yang berikutnya adalah untuk mendorong adanya perubahan yang lebih baik. Seperti misalnya pada feedback negatif, maka akan terdorong untuk bisa memperbaiki kekurangan yang dimiliki agar ke depannya bisa lebih baik lagi.
Penutup
Itulah penjelasan singkat tentang apa itu feedback, jenis dan fungsinya untuk digunakan khususnya di dunia kerja. Pastikan untuk bisa menyampaikan feedback dengan menggunakan gaya bahasa yang baik dan sopan sehingga feedback yang diberikan bisa diterima dengan baik serta tepat pada sasaran.